Kamis, 29 Agustus 2013

Dok. Pribadi

Semakin bertambah tahun semakin bertambah banyak peminat dari kendaraan roda dua. alah satunya dalam perjalanan mudik, banyak sekali pemudik dari berbagai daerah memilih berkendara bersama keluarga dengan sepeda motor. Alasan yang paling umum adalah menghindari kemacetan lalu lintas. Mengingat membludaknya lalu lintas kendaraan di jalan raya ketika liburan sebelum dan sesudah Hari Raya umat Islam tersebut. Nah, bagi Anda yang sering mudik dengan sepeda motor maupun yang baru saja ingin mencobanya, berikut ini tips-tips mudik yang aman berkendara dengan sepeda motor. Karena setiap saat kecelakaan lalu lintas rawan menimpa setiap orang.

1.                  Periksalah keadaan kendaraan roda dua Anda sebelum melakukan perjalanan jauh.
Anda bisa memeriksa kelengkapannya sendiri atau membawa sepeda motor Anda ke bengkel.

2.      Jika Anda baru mengendarai sepeda motor disarankan agar tidak berboncengan atau membawa penumpang.
Karena jika keadaan lalu lintas sedang macet ataupun medan yang sulit dapat mengendalikan motor sepanjang perjalanan. Atau kurangi jumlah beban atau barang bawaan guna keseimbangan laju kendaraan.

3.      Jika mudik secara berombongan, usahakan untuk member tanda yang mencolok misalnya lampu pada masing-masing sepeda motor supaya satu sama lain dapat mengenali dan tidak tersesat ketika melakukan perjalanan di malam hari.

4.      Saling bertukar nomor handphone untuk berjaga-jaga apabila ada anggota pemudik yang tersesat sehingga dapat dihubungi.

5.      Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan kantuk.
­
6.      Jika lelah, berhenti dan istirahatlah sejenak di tempat yang nyaman atau teduh.

7.      Jika kondisi badan kurang fit, perasaan was-was, hentikan dulu perjalanan mudik demi keselamatan Anda dan utamakan keselamatan yang lain.

8.      Bawalah obat-obatan dan makanan yang dapat mengurangi rasa mual, pusing dan pegal pada saat diperjalanan.



Itulah beberapa tips-tips mudik untuk perjalanan yang aman dan nyaman. Hari Raya akan tiba. Utamakan keselamatan karena keluarga Anda menanti di rumah.

0 comments:

Posting Komentar