Kamis, 29 Agustus 2013

Dok. Pribadi

Pernah melihat atau bahkan sering melihat banyaknya kerikil yang ada di rel kereta api? Sempat terlintas pemikiran mengapa demikian? Berikut ini beberapa fungsi kerikil di sepanjang lintasan kereta api.

1.      Adanya kerikil mengurangi goncangan atau getaran yang dihasilkan pada saat kereta api melintasi rel tersebut. Sehingga rel tidak cepat rusak dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

2.      Mencegah tumbuhnya rumput liar yang secara langsung maupun tidak langsung dapat membuat tanah menjadi gembur yang dapat mengganggu laju kereta api dan bahkan dapat membahayakan perjalanan kereta api.

3.      Mencegah terjadinya erosi (pengikisan tanah) pada saat hujan dan memperlancar aliran air di sekitar area rel kereta api.

4.      Sebagai pemberat bantalan rel pada saat kereta api melintas di atasnya sehingga rel dapat tetap stabil.

Namun biasanya ada tempat-tempat yang tidak menggunakan kerikil sebagai bantalan rel, seperti contoh di jalan raya dan jembatan. Jalan raya maupun jembatan yang dilewati jalur kereta api telah dirancang khusus untuk ditempati rel. Itulah sekilas beberapa fungsi kerikil yang memenuhi rel kereta api.


0 comments:

Posting Komentar